Jokowi Tak Jadi Capres, Golput Bisa 75 persen

Written By bopuluh on Jumat, 18 Oktober 2013 | 02.17


JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang kerap disapa Jokowi, akan berpengaruh terhadap partisipasi publik dalam Pemilu 2014 mendatang. Sosiolog Universitas Indonesia, Tamrin Amal Tomagola mengatakan apabila Jokowi tidak diusung sebagai calon presiden, maka angka golput akan mencapai 75 persen.

"Jokowi seng (tidak) ada lawan. Golput bisa sampai 75 persen kalau Jokowi enggak nyapres," ujar Tamrin di sela-sela diskusi tentang politisasi media sosial di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (18/10/2013).


Ia mengatakan bahwa elite-elite politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah membuat kesalahan terbesar dalam sejarah jika tidak mengusung Jokowi sebagai calon presiden. Ia pun menyarankan agar dinasti politik dalam tubuh PDI-P dihentikan karena posisi RI-1 ditentukan oleh suara rakyat.

"Elite-elite politik PDI-P membuat kesalahan jika mengganti banteng Jokowi dengan kerbau-kerbau lainnya," katanya.

Tamrin mengatakan bahwa media sosial ikut berperan dalam mengantarkan kesuksesan Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012. Kendati demikian, karakter kepemimpinan yang melekat dalam diri Jokowi menjadi faktor penentu keberhasilannya tersebut.

"Selama ini kan orang bicara kriteria kepemimpinan kan secara teoritis. Sekarang orang sudah punya patokan bahwa pemimpin yang baik itu seperti Jokowi," jelasnya.

Seperti diketahui, nama Jokowi terus mengungguli tokoh-tokoh politik lainnya dalam bursa capres 2014 seperti Prabowo Subianto dan Aburizal Bakrie. Dalam survei longitudinal yang dilakukan Litbang Kompas pada Desember 2012 dan Mei 2013, tingkat keterpilihan Jokowi mencapai 32,5 persen. Proporsi itu meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tingkat keterpilihannya pada Desember 2012.

Editor : Caroline Damanik

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Tak Jadi Capres, Golput Bisa 75 persen

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/10/jokowi-tak-jadi-capres-golput-bisa-75.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Tak Jadi Capres, Golput Bisa 75 persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Tak Jadi Capres, Golput Bisa 75 persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger