WHO Apresiasi Pelayanan KJS

Written By bopuluh on Rabu, 11 September 2013 | 02.17


JAKARTA, KOMPAS.com -
World Health Organization (WHO) mengapresiasi pelayanan Kartu Jakarta Sehat (KJS). Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama seusai bertemu dengan pihak WHO.

"WHO melihat beberapa bulan pelaksanaan KJS, dan ternyata mereka memberikan dukungan. Mereka sama sekali tidak memberikan kritikan," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Badan organisasi dunia di bawah PBB ini, lanjut Basuki, menilai KJS dapat membantu warga kurang mampu untuk mendapatkan akses layanan kesehatan tanpa dikenakan biaya.

Basuki menambahkan, program KJS di Jakarta diharapkan WHO dapat menjadi role model pelaksanaan layanan kesehatan gratis di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, terang Basuki, pihak WHO sempat menanyakan perbedaan program KJS dengan program kesehatan yang diterapkan secara nasional, yaitu Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Basuki bersama Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati menjelaskan perbedaannya terdapat pada besaran premi yang ditentukan. Apabila premi Jamkesmas senilai Rp 19.225 dari nilai Rp 15.500. Sedangkan, DKI telah menerapkan premi sebesar Rp 23.000. "Tetapi kita masih terus mau hitung lagi, masih cukup atau tidak besaran premi itu," kata Basuki.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan kunjungan WHO ke Pemprov DKI untuk melihat semua aspek dari program yang telah dijalankan, mulai dari pelayanan, dokter, obat, hingga penagihan biaya perawatan, dan obat kepada pihak rumah sakit. Kemudian, WHO akan memberikan saran dan masukan terhadap setiap kelemahan yang ditemukannya dalam penerapan KJS tersebut.

Dien mengakui, dalam kunjungannya pihak WHO tidak memberikan kritikan atas pelayanan KJS. Justru mereka menilai penerapan KJS sudah cukup bagus. "Mereka tetap memberikan masukan dan membuat model, sudah pas atau belum diterapkan di DKI. Jangan lupa, DKI adalah pilot project-nya nasional," ujar Dien. 

Editor : Eko Hendrawan Sofyan


Anda sedang membaca artikel tentang

WHO Apresiasi Pelayanan KJS

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/09/who-apresiasi-pelayanan-kjs.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

WHO Apresiasi Pelayanan KJS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

WHO Apresiasi Pelayanan KJS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger