Pasca-kebakaran, DKI Tak Akan Tata Instalasi Listrik Kawasan Ilegal

Written By bopuluh on Selasa, 10 September 2013 | 02.17


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan Pemprov DKI tak akan menata ulang instalasi listrik pasca-kebakaran di sejumlah kawasan kampung kumuh di Jakarta.

Alasan Basuki sederhana. Menurutnya, kebanyakan kawasan kumuh itu merupakan kawasan ilegal yang berdiri di atas lahan negara. Rata-rata warganya tidak memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). "Enggak bisa lah ya, karena mereka di daerah-daerah pemukiman terlarang," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Namun bila kawasan itu merupakan daerah yang sesuai dengan peruntukannya, maka Pemprov DKI akan membantu merombaknya sejalan dengan program penataan kampung atau bedah kampung. Oleh karena itu, Pemprov DKI terus mendorong warga yang menetap di daerah ilegal untuk segera menetap di rumah susun.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, hampir di seluruh peristiwa kebakaran, kata dia, disebabkan karena korsleting listrik. Hal itulah yang kemudian menyebabkan listrik menjadi mudah panas dan terbakar. Inilah yang kemudian memicu banyak kebakaran di kawasan padat dan kumuh di Jakarta. 

Basuki menegaskan jika di kawasan kumuh itu terjadi kebakaran, Pemprov DKI akan memberikan surat edaran kepada warga agar tidak membangun kembali pemukiman di wilayah tersebut. Jika tetap membandel, Pemprov DKI tak akan segar-segan membongkarnya.

Sedangkan, apabila kawasan itu memiliki surat tanah yang jelas, pihaknya akan melakukan penataan kampung melalui kampung deret.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Subejo mengatakan, buruknya tata instalasi listrik di kawasan padat penduduk menjadi faktor penyebab terjadinya kebakaran.

"Perawatan dan pengamanan sangat kurang. Mereka alasannya enggak punya duit," kata Subejo.

Editor : Eko Hendrawan Sofyan


Anda sedang membaca artikel tentang

Pasca-kebakaran, DKI Tak Akan Tata Instalasi Listrik Kawasan Ilegal

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/09/pasca-kebakaran-dki-tak-akan-tata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pasca-kebakaran, DKI Tak Akan Tata Instalasi Listrik Kawasan Ilegal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pasca-kebakaran, DKI Tak Akan Tata Instalasi Listrik Kawasan Ilegal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger