Demokrat Dukung Dino Patti Djalal Mundur dari Jabatan Dubes AS

Written By bopuluh on Kamis, 12 September 2013 | 02.17


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengapresiasi komitmen salah satu peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Dino Patti Djalal, yang menyatakan siap mundur dari jabatannya sebagai duta besar dan melepas statusnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Menurutnya, hal ini membuktikan integritas Dino.

"Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Pak Dino Patto Djalal karena bersedia untuk siap mundur baik sebagai duta besar maupun sebagai PNS," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (12/9/2013).

Meski aturan dalam konvensi tidak mengatur bahwa setiap peserta konvensi harus mundur dari jabatan, menurut Nurhayati, etika harus menjadi pegangan dalam berpolitik bagi siapa pun. Kepatuhan akan etika menunjukkan integritas seseorang.

"Itu artinya, kalau Pak Dino mundur sebagai duta besar maupun PNS, Beliau tidak akan menggunakan fasilitas itu (untuk mendukung kemenangannya)," kata Nurhayati.

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal menyatakan akan total terjun dalam Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. Dia mengaku siap melepas statusnya sebagai PNS dan meletakkan jabatannya sebagai duta besar.

"Ya, saya sudah siap, saya sudah bulat ikut konvensi," kata Dino menjawab pertanyaan mengenai konsekuensi kehilangan status PNS dan duta besar bila mengikuti konvensi, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (11/9/2013) malam.

Dino menjelaskan, kebulatan tekadnya mengikuti konvensi dilandasi pemikiran bahwa 2014 merupakan masa penting menyongsong regenerasi politik. Secara pribadi, Dino mengaku merasa terpanggil oleh sejarah untuk mengikuti konvensi setelah meniti karier sebagai PNS selama 27 tahun.

Saat ini, dia mengaku telah mengajukan cuti pada Kementerian Luar Negeri untuk mengikuti konvensi. Dino mengaku menanti rekomendasi dari Menteri Luar Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Badan Kepegawaian Nasional untuk keputusan terkait pengunduran diri dari PNS dan duta besar.

"Saya sudah mengajukan izin ke Menlu dan menanyakan prosedur, itu pasalnya tidak rumit. Saya akan mengikuti aturan yang ditetapkan," kata Dino.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Demokrat Dukung Dino Patti Djalal Mundur dari Jabatan Dubes AS

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/09/demokrat-dukung-dino-patti-djalal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Demokrat Dukung Dino Patti Djalal Mundur dari Jabatan Dubes AS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Demokrat Dukung Dino Patti Djalal Mundur dari Jabatan Dubes AS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger