Lintasan Berlubang-lubang, Warga Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

Written By bopuluh on Minggu, 07 Juli 2013 | 02.17

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Jalan berlubang hingga berbentuk jurang sepanjang 200 meter di persimpangan Slempek, Desa Muntok, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Jawa Timur, membuat kesal warga.

Pasalnya, banyak kendaraan terperosok, bahkan kerap kali terjadi kecelakaan bagi kendaraan yang tidak tahu kalau ada kubangan jalan. Kesal dengan kondisi itu, warga kemudian menanami kubangan itu dengan pohon pisang.

Jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep itu, kerap menjadi sasaran banjir. Hal itu karena tidak ada aluran pembuangan air yang bisa mengalirkan air ke laut.

Abdul Hannan, warga sekitar mengatakan, pemerintah selalu berjanji akan memperbaiki jalan tersebut. Namun, sampai saat ini janji itu tidak juga terealisasi. Padahal arus kendaraan di jalan itu sangat padat.

"Beberapa kali jalan ini mau diperbaiki, tapi hanya tambal sulam yang usianya hanya dua hari saya sudah rusak lagi karena terkikis air," kata Abdul Hannan, Minggu (7/7/2013).

Hal senada dikeluhkan Heri, supir angkutan umum antarkabupaten. Dia mengatakan, jalan itu saat ini sangat membahayakan, karena kubangannya tepat di tengah jalan dan terbilang dalam. Jika terperosok ke dalam kubangan itu, bisa menyebabkan ban mobil kempes karena terhantam batu.

"Yang sangat membahayakan ketika sudah ada banjir dan genangan air. Sebab kubangan itu tidak bisa dilihat dan banyak kendaraan yang terperosok," ungkapnya.

Bahkan, semalam ada pengendara dengan kecepatan sedang terperosok dan terpental. Namun pengendara itu hanya mengalami luka lecet, dan kendaraannya rusak ringan.

Menanggapi kondisi ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Totok Hartono ketika dikonformasi menjelaskan bahwa jalan tersebut sudah masuk dalam rencana perbaikan. Bahkan jalan tersebut tidak hanya diaspal, tetapi akan ditinggikan.

Anggarannya juga sudah disediakan dan tinggal menunggu penyelesaian lelangnya. "Kalau masih musim hujan seperti ini sulit untuk diperbaiki karena genangan air yang menghambat," ujarnya.

Dijelaskan Totok, jalan itu bukan kewenangan Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk memperbaikinya karena masuk ruas jalan Provinsi. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Perawatan Jalan dan Jembatan Nasional dan sudah siap untuk diperbaikinya. 

Editor : Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Lintasan Berlubang-lubang, Warga Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/07/lintasan-berlubang-lubang-warga-tanam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lintasan Berlubang-lubang, Warga Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lintasan Berlubang-lubang, Warga Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger