Kaki Bengkak Saat Hamil Bisa Permanen

Written By bopuluh on Selasa, 05 Maret 2013 | 01.17

Kompas.com - Kaki bengkak saat hamil? Ini sebenarnya masalah yang lazim dialami wanita selama kehamilan. Tetapi menurut studi teranyar kondisi tersebut bisa membuat ukuran kaki bertambah secara permanen.

Kaki bengkak saat hamil disebabkan karena penimbunan cairan akibat perubahan metabolisme tubuh. Faktor lainnya adalah pertambahan berat badan karena adanya bayi sehingga bagian telapak kaki lebih rata dan membuat ukuran kaki bertambah. Hipertensi pada kehamilan juga bisa membuat kaki bengkak.

Studi terbaru yang dimuat dalam American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation menyebutkan pembengkakan dan berkurangnya lengkungan telapak kaki saat kehamilan bisa menjadi permanen. Itu berarti setelah melahirkan pun ukuran kaki sulit kembali ke ukuran semula.

Dr.Neil Segal, pakar di bidang kesehatan kaki dari Universitas Iowa, AS, melakukan pengukuran pembengkakan kaki wanita hamil pada trimester pertama kehamilan, lima bulan kehamilan, dan pasca melahirkan.

"Kami menemukan bahwa kehamilan memang membuat perubahan permanen pada kaki," katanya. Penelitian yang dilakukannya melibatkan 49 wanita hamil.

Hasil pengukuran menunjukkan sekitar 60-70 persen wanita mengalami pembengkakan sehingga kaki mereka lebih lebar dan lebih panjang, terutama di bulan kelima kehamilan dan setelah persalinan.

Rata-rata lengkung telapak kaki dan kekakuan lengkungan berkurang setelah mereka melahirkan. Kondisi itu menyebabkan panjang kaki bertambah sekitar 10-20 milimeter dan lengkung kaki berkurang.

Pembengkakan kaki terutama dialami oleh wanita yang baru pertama kali hamil. Pada kehamilan kedua dan seterusnya pembengkakan kaki tidak sebesar kehamilan pertama.

Menurut Dr.Bret Ribosky, presiden American College of Foot and Ankle Orthopedics, menjelaskan, perubahan ukuran kaki tersebut dipengaruhi oleh faktor hormonal.

"Hormon yang sama yang membuat bagian pelvis lebih rileks juga menyebabkan ligamen di kaki lebih lentur. Selain itu pertambahan berat badan juga menurunkan lengkungan telapak kaki sehingga lebar dan panjang kaki berubah," kata Ribosky.

Para ibu hamil disarankan untuk menyesuaikan alas kaki dengan perubahan tersebut. Hindari sepatu yang sempit karena akan membuat otot di bagian bawah kaki menjadi lemah.

Selain pembengkakan kaki, masalah kaki lainnya selama kehamilan antara lain kuku tumbuh ke dalam, kaki kapalan, dan radang jari kaki.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kaki Bengkak Saat Hamil Bisa Permanen

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/03/kaki-bengkak-saat-hamil-bisa-permanen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kaki Bengkak Saat Hamil Bisa Permanen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kaki Bengkak Saat Hamil Bisa Permanen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger