Pemerintah Australia Benahi Bea Cukai

Written By bopuluh on Kamis, 20 Desember 2012 | 01.17

CANBERRA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia, Kamis (20/12/2012), menyatakan segera membenahi kinerja bea cukainya, setelah delapan orang oknum instansi itu ditangkap karena diduga terlibat penyelundupan obat-obatan terlarang di Bandara Internasional Sydney.

"Saya kini tengah mengerjakan reformasi budaya dan struktural besar-besaran di Bea Cukai dan akan mengumumkan hasilnya tahun depan," kata Menteri Dalam Negeri Australia Jason Clare.

"Tak ada tempat untuk korupsi di dalam badan-badan penegak hukum negeri ini. Saat korupsi itu muncul maka kita harus mencabutnya," tambah Jason.

Langkah pembenahan ini menyusul penangkapan sejumlah oknum petugas dari bea cukai, layanan karantina dan enam orang tersangka lain setelah aparat penegak hukum melakukan penyelidikan selama dua tahun.

Para oknum ini dikenai berbagai tuduhan termasuk penyelundupan obat-obatan terlarang, menerima suap dan menyalahgunakan wewenang.

Polisi mengatakan penyelidikan terus berlangsung setelah muncul dugaan bahwa sebuah jaringan aparat bea cukai yang korup di bandara Sydney melakukan kerja sama dengan tokoh kejahatan terorganisasi untuk mengimpor obat-obatan terlarang.

Sebuah investigasi selama enam buklan yang dilakukan Fairfax Media dan Australian Broadcasting Corporation (ABC) menemukan setidaknya 20 orang petugas dicurigai terlibat impor pseudoephedrine, kokain, steroid dan kemungkinan senjata api.

Plt Kepala Badan Perlindungan Perbatasan dan Bea Cuka Australia, Michael Pezzullo mengatakan dia kecewa namun tak terkejut dengan temuan itu.

"Kami mengidentifikasi bahwa kami memiliki masalah di Bandara Internasional Sydney dan sudah melakukan penyelidikan. Tindakan ini akan terus berlangsung," kata Pezzullo.

"Kami akan mengevaluasi peran kondisi tempat kerja, manajemen dan kepemimpinan lalu kemudian mengambil langkah yang diperlukan demi memastikan integritas para pegawai kami," tambah Pezzullo.

Sementara itu komisioner Polisi Federal Australia Tony Negus mengklaim para kurir dikirim ke luar negeri untuk mengumpulkan obat-obatan terlarang sebelum kembali ke Australia dan mendapatkan bantuan oknum Bea Cukai di posisi yang dipercaya.

"Diduga oknum petugas bea cukai menjempy si kurir di luar pesawat terbang. Kemudian mereka berjalan melalui imigrasi dan keluar di ruang tunggu," kata Negus.

Dia menduga para oknum petugas bea cukai juga berperan dalam mengatur kurir untuk pergi ke luar negeri dan memfasilitasi pengumpulan narkotika di sana.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Australia Benahi Bea Cukai

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2012/12/pemerintah-australia-benahi-bea-cukai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Australia Benahi Bea Cukai

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Australia Benahi Bea Cukai

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger