Jakarta Amburadul, Jokowi Salahkan Arsitek

Written By bopuluh on Sabtu, 22 Desember 2012 | 01.17

Jakarta Amburadul, Jokowi Salahkan Arsitek

Penulis : Indra Akuntono | Sabtu, 22 Desember 2012 | 15:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tata letak kota Jakarta yang semrawut tak lain merupakan buah dari buruknya pembangunan di masa lalu. Ditambah lagi sulitnya membendung kedatangan masyarakat urban semakin membuat Jakarta tampak amburadul. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai, buruknya pembangunaan di Jakarta menjadi kesalahan para arsitek. Pasalnya, para arsiteklah yang paling berperan mendesain dan menata ruang di Jakarta.

Penataannya enggak jelas, enggak tahu, tapi yang akan saya salahkan pertama kali adalah arsitek

-- Joko Widodo

"Penataannya enggak jelas, enggak tahu, tapi yang akan saya salahkan pertama kali adalah arsitek," kata Jokowi, saat memberikan sambutan dalam acaraa Temu 1.000 Arsitek Jakarta, di Hotel Mercure, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Sabtu (22/12/2012).

Jokowi mengungkapkan, seharusnya para arsitek tak terpaku hanya pada proyek pribadi, atau kliennya. Akan tetapi dapat bersama-sama memikirkan tata ruang kota Jakarta yang lebih baik. Saat ini, kata Jokowi, pembangunan di Jakarta sama sekali belum mencerminkn wajah kota sebagai etalase kebudayaan nasional. Bahkan sebaliknya, pembangunan malah memperjelas adanya gap sosial pada masyarakt Ibu Kota.

"Ini tugas arsitek, bagaimana membangun ruang transisi agar wajah kota ini lebih baik. Jangan pikir yang besar-besar saja, nanti yang kecil siapa yang mikirin," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi hadir dalam Program Temu 1.000 Arsitek Jakarta. Acara ini digelar oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta dalam rangka menentukan arah pembangunan Ibu Kota. Dengan tajuk acara "Bertemu, Berbagi, Bersinergi" ini, Jokowi diberi kesempatan untuk menyampaikan pandaangannya terkait Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Jakarta 2030.

Dengan digelarnya acara tersebut diharapkan lahir kesepakatan yang konstruktif setelahnya. Antara lain, mengenai rumusan peran strategis arsitek dalam membantu penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Jakarta 2030, merumuskan pemikiran terhadap konsep kampung susun, konsep arsitektur Betawi dan lainnya dalam rangka mendukung visi pembangunan Jakarta Baru.

Selain itu, diharapkan juga lahir kesepakatan pedoman untuk panduan standar minimum honorarium jasa arsitek di wilayah DKI Jakarta.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Editor :

Hertanto Soebijoto


Anda sedang membaca artikel tentang

Jakarta Amburadul, Jokowi Salahkan Arsitek

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2012/12/jakarta-amburadul-jokowi-salahkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jakarta Amburadul, Jokowi Salahkan Arsitek

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jakarta Amburadul, Jokowi Salahkan Arsitek

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger