DPR: Negara OKI Harus Bersikap dan Gelar Sidang Darurat untuk Mesir

Written By bopuluh on Kamis, 15 Agustus 2013 | 02.17


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie mengatakan, negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) harus menyatakan sikap bersama terkait krisis yang terjadi di Mesir. Menurutnya, situasi di negara tersebut memprihatinkan dan terjadi banyak pelanggaran hak asasi manusia.

"Sesama negara OKI harus berkumpul menyatakan sikap bersama terhadap apa yang terjadi di Mesir, gelar sidang darurat karena sudah banyak korban," kata Marzuki di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Politisi Partai Demokrat ini mengaku prihatin gejolak yang terjadi di Mesir. Apalagi, katanya, konflik terjadi setelah negara itu berhasil melaksanakan demokrasi melalui pemilihan presiden. Meski situasi semakin genting, ia menilai, belum perlu adanya instruksi untuk mengevakuasi warga negara Indonesia di Mesir, termasuk menarik Duta Besar Indonesia di Mesir, atau mendepak Duta Besar Mesir di Indonesia. 

"Kejadian di Mesir sangat miris, HAM tidak dihargai, suara masyarakat sipil dimatikan. Hewan saja kita lindungi, maka warga sipil juga harus dilindungi," ujar Marzuki.

Seperti diberitakan, angkatan bersenjata Mesir menggulingkan pemerintahan Presiden Muhammad Mursi beberapa waktu lalu. Militer Mesir beranggapan Mursi tengah mengejar agenda Islam dan gagal mengatasi masalah ekonomi di negara itu. Tentara mengatakan bahwa Mursi, pemimpin terpilih secara demokratis telah gagal memenuhi tuntutan rakyat. Mursi lalu dijadikan tahanan rumah.

Sejumlah pejabat partai Ikhwanul Muslimin juga ditangkap oleh militer. Gelombang masyarakat pro dan anti Mursi masih terus melancarkan aksi unjuk rasa di negara itu. Sejak kudeta terhadap Mursi terjadi, demonstran pendukung Mursi tak henti-hentinya melancarkan protes. Pihak militer Mesir yang kini berkuasa juga melancarkan penembakan terhadap para demonstran.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

DPR: Negara OKI Harus Bersikap dan Gelar Sidang Darurat untuk Mesir

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/08/dpr-negara-oki-harus-bersikap-dan-gelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DPR: Negara OKI Harus Bersikap dan Gelar Sidang Darurat untuk Mesir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DPR: Negara OKI Harus Bersikap dan Gelar Sidang Darurat untuk Mesir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger