Tahun 2013, Tahunnya Wisata MICE di Indonesia

Written By bopuluh on Selasa, 02 Juli 2013 | 02.17

Turis asing penumpang kapal pesiar MV Discovery saat bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, Minggu (29/1/2012). Kapal yang telah berlayar selama 21 hari dan membawa sekitar 300 wisatawan asing ini telah singgah di sejumlah negara di kawasan Asia seperti Hongkong, Jepang, Malaysia dan Singapura. | KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pengestu mengatakan tahun 2013 adalah tahun terbaik untuk wisata MICE (meeting, incentive, convention, event). Hal ini terlihat dari banyaknya acara konvensi yang diselenggarakan baik tingkat nasional maupun internasional terutama di kota-kota besar di Indonesia.

"Kita bisa bilang 'this is the year of MICE'. Banyak sekali perhelatan internasional," ujar Mari saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Seperti diketahui, lanjut Mari, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC di Bali. Selain itu, konser-konser band musik kenamaan dunia juga banyak dilaksanakan di Indonesia. Hal tersebut bisa mendorong kunjungan wisatawan dari berbagai negara.

"Untuk MICE, tahun ini sudah paling full," kata Mari.

Mari menambahkan ada dua kategori yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran penyelenggaraan MICE yaitu kesiapan fisik berupa infrastruktur mencakup akomodasi dan balai pertemuan, serta sumber daya manusia.

"Melalui MICE keperluan untuk tempat pertemuan meningkat. Kita perlu investasi di kota-kota yang mulai berkembang untuk MICE. Yang paling besar saat ini mungkin Bali. Selain itu juga penting untuk mendorong pengembangan SDM maupun fasilitas untuk memenuhi standar," jelas Mari.

Ia menuturkan dari segi sumber daya manusia, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan Bali sudah membuka jurusan MICE. Tetapi, tambahnya, pada akhirnya balik lagi kepada profesionalisme dalam melayani keperluan meeting termasuk jasa pelayanan dan EO.

Selain itu, tutur Mari, wisata MICE adalah cara untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan terutama bagi wisatawan nusantara (wisnus) dan jumlah pengeluaran di tempat wisata. Sebab, pelancong MICE merupakan sumber pemasukan pariwisata yang cukup besar.

"Proporsi perjalanan wisnus itu terdiri dari menghadiri meeting dan jalan-jalan biasa. Wisnus kalau hanya jalan-jalan biasa paling hanya menghabiskan tiga atau empat hari tapi kalau untuk meeting bisa sampai enam hari," kata Mari.

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F


Anda sedang membaca artikel tentang

Tahun 2013, Tahunnya Wisata MICE di Indonesia

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/07/tahun-2013-tahunnya-wisata-mice-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tahun 2013, Tahunnya Wisata MICE di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tahun 2013, Tahunnya Wisata MICE di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger