Ingin Daur Ulang E-mail, Yahoo Dikecam

Written By bopuluh on Jumat, 21 Juni 2013 | 02.17

JAKARTA, KOMPAS.com - Yahoo berencana mengambil kembali akun e-mail Yahoo yang sudah setahun terakhir tidak diakses pemiliknya. Beberapa pihak mengkritisi rencana ini, terutama dari sisi keamanan.

Penulis Mat Honan dari majalah teknologi Wired, memperingatkan, daur ulang e-mail dapat dimanfaatkan oleh penjahat siber. Mereka bisa mengklaim akun yang tidak aktif untuk mencuri data.

Misalnya, jika -email Yahoo dihubungkan dengan akun GMail, seorang penjahat siber yang mencuri akun e-mail Yahoo bisa melakukan reset password akun GMail.

Honan, yang sempat menjadi korban serangan penjahat siber, mengecam rencana Yahoo dan menyebutnya sebagai "ide buruk yang spektakuler."

Yahoo ternyata mendengar kritik yang dilontarkan kepadanya. Perusahaan mengaku telah berkoordinasi dengan perusahaan penyedia layanan email lain seperti Google maupun Amazon, untuk meminimalkan risiko pencurian identitas.

"Kami menyadari dan kami sudah melakukan banyak langkah untuk mengurangi risiko itu," ujar Direktur Seniot Platform Konsumen Yahoo, Dylan Casey, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/6/2013). "Kami menaruh banyak pemikiran, banyak sumber daya yang didedikasikan untuk proyek ini."

Rencana daur ulang ini diumumkan pada 12 Juni 2013, dan hanya ditujukan kepada akun e-mail yang sudah setahun tak pernah diakses oleh pemilik. Tujuannya, memberi kesempatan pengguna setia atau pengguna baru untuk memakai alamat e-mail yang sudah terpakai, tapi tidak pernah dibuka oleh pemiliknya.

"Bisa saya katakan dan pastikan 100 persen bahwa benar-benar mustahil untuk terjadi sesuatu. Tapi kita akan memastikan tidak akan kejadian buruk pada pengguna kami," ujar Casey.

Jika pemilik melakukan login kembali sebelum 15 Juli 2013, Yahoo akan mempertahankan akun tersebut. Tapi, jika lewat dari tanggal tersebut, maka akun akan mati dan bisa dipakai oleh orang lain. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Ingin Daur Ulang E-mail, Yahoo Dikecam

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/06/ingin-daur-ulang-e-mail-yahoo-dikecam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ingin Daur Ulang E-mail, Yahoo Dikecam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ingin Daur Ulang E-mail, Yahoo Dikecam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger