Ketika Para Fotografer Kampanye Keselamatan Berkendara

Written By bopuluh on Senin, 01 April 2013 | 02.17

MAGELANG, KOMPAS,com -- Selalu saja ada hal unik, kreatif dan inovatif yang digarap para pecinta fotografi yang tergabung dalam komunitas Guyub Fotografi (Gufi). Masih tetap konsisten dengan komitmennya untuk mengangkat isu-isu sosial masyarakat, kali ini Gufi mengadakan session photo on the street dengan mengangkat isu "keselamatan berkendara".

Tidak tanggung-tanggung lagi, di session photo on the street yang diadakan pada Minggu (31/3/2013), mereka mengambil spot photo session di persimpangan ruas jalan nasional, tepatnya di seputaran lampu merah Armada yang ramai dan padat arus lalu lintas. Bahkan session photo kali ini jauh berbeda dari biasanya, karena selain terlihat 5 orang model Blangkon Production, tampak juga Kepala Satuan Lantas Polres Magelang, AKP Jamal Alam, terlibat langsung sebagai salah satu model dalam session photo Guyub Fotografi kali ini.

Dalam photo session on the street tersebut, Kasat Lantas AKP Jamal Alam terlibat langsung sebagai model bersama 5 model dari Blangkon Production. Mereka memperagakan berbagai pose unik tentang idiom-idiom korban kecelakaan, sementara kasat memperagakan proses olah TKP kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Jamal dan para model memanfaatkan lampu yang menyala merah untuk berpose di tengah jalan dan sedikitnya 50 fotografer dari komunitras Guyub Fotografi langsung berlomba mengabadikan momen tersebut dengan didampingi belasan petugas polisi lalu lintas yang berjaga mengondisikan arus lalu lintas jalan.

Sementara itu puluhan anggota komunitas Magelang Great Corolla Community dibantu anggota Polantas membagikan stiker imbauan peduli keselamatan lalu lintas pada setiap kendaraan yang berhenti di lampu merah.

"Sengaja untuk tema kali ini Gufi mengangkat isu tentang keselamatan berkendara, sebagai wujud keprihatinan Sahabat Gufi atas banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas, yang bahkan sampai merenggut banyak korban jiwa," ujar Agung Begawan Prabu, koordinator kegiatan tersebut dalam siaran persnya, Senin (1/4/2013).

Prabu menambahkan, pengambilan lokasi di ruas jalan nasional sengaja dilakukan karena sabahat Gufi (sebutan anggota Gufi) merasa pesan yang diusung akan lebih mengena karena jalan tersebut padat dilalui berbagai jenis kendaraan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Jamal Alam menjelaskan, program kampanye keselamatan berkendara menjadi salah satu fokus utama Satuan Lalu Lintas Polres Magelang. Pasalnya, dari data yang ada, angka kecelakaan lalu lintas di Magelang sangat tinggi, bahkan menempati urutan ke-7 dari 35 Polres se-Polda Jateng.

"Kalau ini tidak diantisipasi sedini mungkin dengan melakukan sosialisasi atau kampanye langsung kepada masyarakat, bukan tidak mungkin kasus kecelakaan lalu lintas bisa menjadi bencana besar dan salah satu penyebab kematian terbesar di masyarakat," bebernya.

Dia menyebutkan, jika dibandingkan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas dalam satu tahun di Jawa Tengah dengan total korban meninggal dunia akibat erupsi merapi 2012, korban meninggal dunia di jalanan dalam satu tahun jauh lebih tinggi.

"Artinya kecelakaan lalu lintas bisa dibilang sebagai bencana nasional di masyarakat," tandasnya.

Lebih lanjut Jamal menjelaskan perlu kerjasama sinergis dan keterlibatan semua pihak dalam upaya menekan angka dan risiko kecelakaan lalu lintas. Ini tidak bisa dilakukan hanya oleh polisi saja, instansi terkait dan masyarakat juga perlu terlibat langsung dan nyata di masyakarat.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ketika Para Fotografer Kampanye Keselamatan Berkendara

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/04/ketika-para-fotografer-kampanye.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketika Para Fotografer Kampanye Keselamatan Berkendara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketika Para Fotografer Kampanye Keselamatan Berkendara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger