Awali 2013, Napi Zikir Bersama sambil Menangis

Written By bopuluh on Selasa, 01 Januari 2013 | 01.17

Awali 2013, Napi Zikir Bersama sambil Menangis

Penulis : Kontributor Kolaka, Suparman Sultan | Selasa, 1 Januari 2013 | 15:57 WIB

KOLAKA, KOMPAS.com -- Awali tahun 2013, ratusan tahanan dan narapidana di Rumah Tahanan Kelas II B Kolaka, Sulawesi Tenggara pilih menggelar zikir bersama ketimbang pesta kembang api dan aktivitas hura-hura lainnya. Zikir tersebut digelar di Masjid Rutan Kolaka.

Dari pantuan Kompas.com, terlihat para tahanan dan narapidana secara khusyu mengikuti kegiatan tahunan ini. Bahkan tidak sedikit dari mereka meneteskan air mata saat zikir dipandu oleh ustadz Salimuddin, salah satu tokoh agama Kolaka.

Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Kolaka, Sofyan mengatakan, zikir ini nanti dapat memberikan pencerahan relijius kepada para tahanan dan narapidana di rutan yang dipimpinnya itu. "Dengan adanya kegiatan zikir dan siraman rohani ini, para penghuni mendapat hidayah dan petunjuk dari Allah SWT, sehingga hati mereka tergugah untuk tidak melakukan kesalahan yang sama, dan membuat mereka menjadi narapidana yang baik," ungkapnya, Selasa (01/01/2013).

Menurutnya, siraman rohani ini diharapkan bisa mempengaruhi kehidupan mendatang terhadap para tahanan atau narapidana saat sudah bebas kelak. "Mudah-mudahan melalui program ini, penghuni rutan lebih dekat dengan yang Maha Kuasa. Dengan demikian, mereka kembali ke jalan lurus dan jauh dari perbuatan jahat yang membuatnya mendekam di sini (Rutan, red)," tambahnya.

Sementara itu, di hadapan warga binaan, dia memaparkan hak-hak dan kewajiban bagi yang terhukum. Termasuk penghargaan negara atas napi untuk mendapatkan bebas bersyarat (BB) dan cuti bersyarat ( CB). "BB dan CB adalah hak kalian. Tapi untuk mengajukannya harus melalui proses dan aturan-aturan yang diberlakukan. Seperti sudah menjalani masa hukuman selama enam bulan atau telah menjalani dua per tiga dari masa hukuman," rincinya.

Kegiatan zikir bersama ini disambut antusias para narapidana. Salah satu narapidana bernama Ibol merasa senang dengan adanya zikir bersama yang dilakukan oleh pihak rutan. Menurutnya, kegiatan ini memberi warna baru baginya dalam menjalani hukuman.

"Terus terang saja, ini adalah hal yang baru buat saya. Tapi syukurlah saya bisa menikmati secara benar dan betul saat berzikir tadi," tegasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Awali 2013, Napi Zikir Bersama sambil Menangis

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2013/01/awali-2013-napi-zikir-bersama-sambil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Awali 2013, Napi Zikir Bersama sambil Menangis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Awali 2013, Napi Zikir Bersama sambil Menangis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger