Aman Liburan dengan Anak

Written By bopuluh on Senin, 24 Desember 2012 | 01.17

KOMPAS.com – Natal dan Tahun Baru, bersamaan pula dengan liburan sekolah menjadi waktu paling pas untuk libur keluarga. Bagi Anda yang merayakan Natal, mungkin berencana pulang kampung, sedangkan bagi yang tidak merayakan Natal saatnya mengunjungi tempat wisata keluarga.

Liburan keluarga untuk seorang ibu dengan anak kecil bisa menjadi stres tersendiri. Selain barang yang harus dibawa makin banyak, menjaga anak tetap tertib, tidak membuat kerisuhan sekaligus memerhatikan kenyamanan, keamanan serta kesehatan si kecil menjadi satu paket lengkap yang tak bisa diabaikan.

Agar Anda  tidak malah tertekan mendengar rengekan anak, persiapan menjadi kunci penting. Bila Anda berpergian dengan kendaraan umum, seperti kereta, pesawat terbang atau bus usahakan tidak membawa barang terlalu banyak. Cukup bawa barang-barang yang penting saja. Jangan lupa untuk memisahkan tas berisi barang yang dibutuhkan dalam perjalanan dengan tas yang disimpan di bagasi.

Mainan baru
Menghindari rengekan si kecil karena bosan, berikan saja kejutan buku atau mainan tepat pada hari keberangkatan. Beberapa buku cerita baru dan mainan kecil dapat memberikan kesibukan pada si kecil sepanjang perjalanan. Ini jauh lebih efektif daripada membawa mainan yang mereka punya dan sudah terbiasa dimainkan. Anak akan lebih antusias dengan barang baru. Jika perjalanannya panjang, belikan mainan dan buku cerita lebih dari satu.

Pakaian ekstra
Ini harus yang disiapkan dalam tas tersendiri, satu set pakaian bersih (ya, kaus kaki juga!) termasuk obat-obatan seperti minyak angin. Ini akan sangat membantu ketika si kecil muntah dalam perjalanan. Dengan begitu Anda bisa menggantinya segera, sebelum ia merengek tak nyaman atau justru baunya membuat orang lain terganggu.

Camilan
Selain mainan permen, cokelat atau makanan lain yang dia sukai juga cara ampuh membuat anak tenang selama perjalanan. Apalagi jika Anda terjebak kemacetan dan si kecil merengek lapar. Bahkan camilan bisa meredam rengekan si kecil karena bosan atau lelah. Hasilnya semua orang akan bisa menikmati perjalanan dengan sedikit ketenangan.

Kesabaran ekstra
Ingat, kemampuan Anda menghibur akan menyelamatkan perjalanan liburan keluarga bebas stres. Sadarilah anak yang anteng sekalipun bisa berubah menjadi rewel bila ia terlalu lelah menempuh perjalanan panjang. Bernapaslah dalam-dalam dan kendalikan emosi sebaik mungkin. Bila Anda tenang dan senang, sesekali bermain dengan anak, maka anak pun akan merasa lebih nyaman.

Sumber: The Bump


Anda sedang membaca artikel tentang

Aman Liburan dengan Anak

Dengan url

http://productivitymalevirility.blogspot.com/2012/12/aman-liburan-dengan-anak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aman Liburan dengan Anak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aman Liburan dengan Anak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger